Deteksi Diabetes Tipe 1 Sejak Dini

Diabetes (kencing manis) adalah suatu keadaan dimana di dalam darah terkandung terlalu banyak glukosa (zat gula). Glukosa adalah bahan yang diperlukan sebagai bahan bakar bagi tubuh kita. Pada manusia normal glukosa yang diperoleh dari makanan dipindahkan ke otot untuk digunakan sebagai energi atau dirubah menjadi lemak sebagai cadangan energi. Proses ini diatur oleh hormon insulin yang diproduksi oleh sel-sel beta di dalam pankreas. Kekurangan insulin akan mengakibatkan glukosa tidak terproses dan terperangkap di dalam darah sehingga kadar gula darah meningkat.
Diabetes tipe 1 terjadi karena sistem kekebalan tubuh kita mengenali sel-sel beta sebagai sel  yang asing padahal sel-sel beta di pulau pankreas adalah penghasil insulin yang berfungsi sebagai regulator pengolahan glukosa. Proses auto-immune ini (lihat artikel saya - mengenali sistem kekebalan tubuh) bisa berlangsung selama bertahun-tahun. Selama proses ini berlangung, B cells (salah satu sel penting penyusun sistem kekebalan tubuh) membuat antibodi untuk melawan sel-sel penghasil insulin tersebut. Tubuh masih akan tetap memproduksi sel-sel beta akan tetapi jumlah sel-sel beta yang dihancurkan masih lebih banyak daripada yang dihasilkan. Jika pada suatu titik jumlah sel beta tinggal 20%, produksi insulin akan terhenti dan pasien akan positif terdiagnosa diabetes. Karena prosesnya berlangsung bertahun-tahun, pasien masih berpeluang memiliki sel-sel beta yang berfungsi baik jika intervensi dilakukan sebelum terlambat.
Mengenali diabetes tipe 1 sebelum terlambat
Seperti telah dijelaskan diatas, pada penderita diabetes tipe 1 tubuh memproduksi antibodi untuk melawan protein-protein penyusun sel-sel beta. Dalam dunia kedokteran antibodi-antobodi tersebut dikenal dengan nama GADAs, ICA512s, ICA IA-2s, IAAs, ICAs. Untuk penjelasan medis yang lebih rinci silakan susuri referensi dibawah. Anda bisa mengikuti tes kesehatan untuk memeriksa keberadaan antibodi-antibodi tersebut dalam tubuh anda. Jika anda terdeteksi memiliki salah satu dari antibodi-antibodi diatas maka anda beresiko terkena diabetes tipe 1. Jika ternyata malah ada lebih dari satu macam antibodi dalam tubuh anda maka resiko untuk terkena diabetes meningkat 4 kali lipat.
Tinjauan genetik
Diabetes tipe 1 adalah termasuk penyakit genetik yang bersifat kompleks. Jika ada salah satu anggota keluarga yang mengidapnya anda juga beresiko terkena diabetes tipe 1 walaupun resikonya kecil. Di antara kelompok-kelompok etnik, ras kulit putih dari Eropa utara paling beresiko mengidap diabetes tipe 1.
Karena berhubungan dengan auto-immunity penyakit ini juga dihubung-hubungkan dengan penyakit sejenis seperti Celiac, Hypotiroid, Hypertiroid, gagal ginjal dan pernicious anemia.
Kepada penderita diabetes tipe 1 harus diberikan injeksi insulin seumur hidup dan diusahakan pola hidup sehat. Olah raga yang cocok akan meningkatkan kebugaran secara umum. Pola makan harus diatur. Kadar gula harus terus menerus dimonitor jangan sampai terlalu tinggi karena kelebihan glukosa dalam darah dalam jangka panjang akan merusak fungsi mata dan ginjal.
Referensi
http://www.idf.org/types-diabetes

0 komentar:

Posting Komentar

More

Whats Hot